Vanuatu

Vanuatu, Negara di Tengah Samudera Pasifik

Vanuatu, ini adalah negara kecil dan terpencil. Lokasinya adalah sekitar 1750 kilometer di sebelah timur Australia. Sebuah kepulauan kecil di Samudera Pasifik. Benar-benar kecil, karena penduduknya hanya sekitar seperempat juta. Hanya sebuah titik di hamparan luas samudera. Secara politik pun negeri ini sangat-sangat muda. Negeri yang terdiri dari 6 propinsi ini baru merdeka dari Inggris dan Prancis pada tahun 1980. 35 tahun lebih muda dari Indonesia.Vanuatu, tempat paling bahagia di dunia…
Jangan berpikir kebahagian bisa diukur dari jumlah uang atau materi yang kita miliki. Kondisi yang serba minim justru bisa membuat orang bahagia.
Hasil yang diperoleh oleh lembaga pengkajian The New Economics Foundation (NEF) baru-baru ini menetapkan negara kepulauan Vanuatu yang terletak di pasifik selatan sebagai tempat paling bahagia di bumi.
Penilaian tersebut disusun berdasarkan tingkat pengeluaran masyarakat, usia harapan hidup dan tingkat kebahagiaan, bukan dengan tolok ukur kesuksesan ekonomi suatu negara seperti produk domestik bruto (PDB).
Tujuan penelitian ini adalah memperlihatkan bahwa kebahagiaan tidak harus terkait dengan kekayaan dan tingkat pengeluaran yang tinggi.
“Vanuatu adalah negara kepulauan kecil di Pasifik Selatan dengan penduduk 209.000 orang dan bukan negara kaya. Perekonomiannya tergantung pada pertanian berskala kecil dan industri pariwisata.”
PDB Vanuatu hanya menempati peringkat ke-207 dari 233 negara. Namun, masyarakat negeri ini hidup bahagia. Marke Lowen dari Vanuatu Online, koran online negeri kecil itu mengatakan rakyat Vanuatu bisa bahagia karena terbiasa dengan kondisi yang serba minim.
“Kami bisa bahagia karena masyarakat puas dengan kondisi yang serba terbatas,” katanya pada harian Guardian.
“Kami bukan masyarakat yang konsumtif. Kehidupan kami di sini berkisar tentang keluarga, teman dan berbuat baik untuk orang lain. Vanuatu adalah tempat Anda tak pernah merasa khawatir. Kami hanya khawatir pada angin topan dan gempa bumi,” ujar Marke lagi.
“Peringkat lima besar tempat paling bahagia di bumi, diisi oleh negara-negara Amerika Latin dan Tengah serta Karibia, yaitu; Kolombia, Kosta Rika, Dominika dan Panama.”
Indonesia posisi berapa? Ternyata masyarakat Indonesia dinilai cukup bahagia, karena menempati peringkat ke-23. Namun, Filipina berada di posisi ke-17 dan Thailand di posisi ke-32.

Apa yang menarik tentang negeri ini? Tidak lain adalah tentang karakter pendiam bangsa Vanuatu. Bangsa ini tidak suka ngomong besar. Prestasi ekonomi bangsa ini bila diukur dengan GDP ternyata berada di atas negara kita, Indonesia. Menurut IMF yang dikutip Wikipedia, Vanuatu memiliki GDP nominal perkapita sebesar USD 2.301. Angka ini berada di atas Indonesia yang sebesar USD 2.224. GDP adalah total nilai barang dan jasa yang diroduksi oleh seluruh orang yang ada di sebuah negara. Nilai GDP perkapita dihitung dari nilai GDP dibagi seluruh jumlah penduduk negara tersebut. Dengan demikian, secara sederhana GDP bisa dipahami sebagai pendapatan rata-rata tahunan dari penduduk sebuah negeri. Jadi, pendapatan rata-rata orang Indonesia kalah dengan Vanuatu.
Mengapa kalah? Ada banyak jawaban. Di negeri ini, apa-apa yang dibicarakan berbeda dengan apa-apa yang dikerjakan. Suka berkata atau menulis laporan palsu. Inilah penyebab korupsi. Penyebab buruknya prestasi ekonomi.

Tempat-Tempat Indah di Vanuatu

Gunung Manaro:
 

Gunung Manaro terdiri dari dua danau kawah utama bernama Vui dan Gesa. Danau Vui aktif, memiliki tempat tidur belerang besar duduk di tengah, dan cantik listrik yang mengisi air hijau kawah. Gangguan besar terakhir terjadi pada 2005, namun saat ini cukup stabil. Gesa Danau adalah sebuah gunung berapi aktif berbaring di kawah abutting Vui Danau dan memegang lebih gelap air berwarna kebiruan cocok untuk santai berenang. Bersama-sama mereka membentuk Manaro, apa Ni-Vanuatu (warga pribumi) anggap sebagai tanah suci di mana roh pergi setelah kematian.

Beautiful Place in Vanuatu

Beautiful Place in Vanuatu

 Beautiful Place in Vanuatu

Beautiful Place in Vanuatu

Peta Vanuatu:

This entry was posted in Jalan jalan, Negara and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s