Lembah Jiuzhaigou

Jiuzhaigou (九寨沟) adalah taman nasional suaka alam di Sichuan, Cina.Tepatnya di Nanping, sekitar 450 km arah utara dari Kota Chengdu. Nama Jiuzhaigou diambil dari keberadaan sembilan desa Suku Tibet yang dalam bahasa itu disebut sebagai Zitsa Degu (gzi rtsa sde dgu). Dalam Bahasa Inggris tercatat dengan nama Jiuzhaigou Valley Scenic and Historic Interest Area di Situs Warisan UNESCO. Memiliki luas 72.000 hektar di utara Provinsi Sichuan, dan memiliki ketinggian 4.800 meter. Memiliki ragam ekosistem hutan. Adalah tempat tinggal sekitar 140 spesies burung, tanaman langka dan binatang langka seperti Panda.

Dikatakan, tidak ada tempat lain yang memiliki pemandangan layaknya negeri dongeng atau kemurnian alam seperti Lembah Jiuzhaigou. Lembah Jiuzhaigou yang berada di Nanping County, 450 kilometer sebelah utara Kota Chengdu merupakan maha karya alami dengan sumber daya alam yang berlimpah. Ini menggabungkan danau biru, air terjun, hutan hijau, pegunungan yang tertutup salju, dan adat istiadat rakyat dari bangsa Tibet dan Qiang. ashev chenko blog

Jiuzhaigou Valley Scenic and Historic Interest Area yang meliputi wilayah seluas lebih dari 600 kilometer persegi ini mencakup area seperti Lembah Shuzheng, Lembah Rize, Lembah Zechawa dan Lembah Zharu.

Asal usul mengenai Lembah Jiuzhaigou tak lepas dari legenda lokal. Dikatakan, dahulu kala dewa gunung bernama Dago menyukai Dewi Semo. Sebagai bentuk rasa sukanya, sang dewa memberikan cermin yang terbuat dari angin dan awan. Namun, iblis muncul dan membuat masalah dan secara tidak sengaja, Semo memecahkan cerminnya menjadi 108 bagian. Cermin tersebut jatuh ke bumi dan kemudian membentuk 108 danau berwarna-warni. Inilah salah satu hal mengapa Lembah Jiuzhaigou mempunyai pemandangan indah.Keindahan Lembah Jiuzhaigou

 

 

 

 

 

 

 

Keindahan Lembah Jiuzhaigou

 

Keindahan Lembah Jiuzhaigou
Terbentang dengan luas lebih dari 72.000 ha di bagian utara Provinsi Sichuan, lembah berbatu Jiuzhaigou mencapai tinggi lebih dari 4.800 m, dan karenanya terdiri atas serangkaian ekosistem hutan yang beragam. Lanskapnya yang luar biasa sangat menarik berkat deretan tanah berbatu kapur yang berbentuk kerucut sempit dan air terjun yang menakjubkan. Sekitar 140 spesies burung juga mendiami lembah ini, serta sejumlah spesies tumbuhan dan hewan yang terancam punah, termasuk panda raksasa dan takin Sichuan.

 
This entry was posted in Jalan jalan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s