Istana Indah di Jepang

Istana Indah di Jepang

SETELAH bencana tsunami, banyak tempat wisata di Jepang yang mengalami kerusakan. Namun, Jepang tidak kurang tempat untuk dikunjungi wisatawan.

 Jepang berada di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat China, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di laut Okhotsk dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di laut China Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Anda yang ingin mengunjungi Jepang bisa melihat objek wisata istana. Beberapa istana yang direkomendasikan seperti di bawah ini:

Istana Osaka

Istana Osaka adalah istana yang terletak di dalam Taman Istana Osaka, distrik Chuo-ku, Kota Osaka, Jepang. Istana Osaka berada di ujung paling sebelah utara daerah Uemachi, menempati lokasi tanah yang paling tinggi dibandingkan dengan wilayah sekelilingnya.

Istana Osaka merupakan bangunan peninggalan budaya yang dilindungi oleh pemerintah Jepang. Menara utama Istana Osaka yang menjulang tinggi merupakan simbol Kota Osaka.

Istana Osaka dimanfaatkan sebagai istana sekaligus benteng sejak zaman Azuchi Momoyama hingga zaman Edo. Istana Osaka yang ada sekarang terdiri dari menara utama yang dilindungi oleh dua lapis tembok tinggi yang dikelilingi oleh dua lapis parit, parit bagian dalam (Uchibori) dan parit bagian luar (Sotobori). Air yang digunakan untuk mengaliri parit istana diambil dari sungai Yodo mengalir di sebelah utara Istana Osaka.

Istana Nagoya

Istana Nagoya adalah istana yang terletak di Kota Nagoya, Prefektur Aichi, Jepang. Di sekeliling istana terdapat Taman Meij?. Istana ini merupakan tempat kediaman Keluarga Tokugawa-Owari selama 17 generasi. Istana Nagoya disebut-sebut sebagai salah satu dari 3 istana terbaik di Jepang yang pernah dibangun Kato Kiyomasa dan T?d? Takatora. Dua istana lainnya adalah Istana Osaka dan Istana Kumamoto.

Di atas atap menara utama terdapat dua ekor shachi (ikan legenda berkepala harimau) dari emas murni, sehingga Istana Nagoya terkenal sebagai Istana Shachi Emas atau Istana Emas. Ikan shachi dari emas juga merupakan lambang Kota Nagoya.

Istana Hirosaki

Istana Hirosaki adalah istana di Kota Hirosaki, Prefektur Aomori, Jepang. Istana ini dibangun pertama kali pada 1611 dan merupakan istana tempat tinggal klan Tsugaru sekaligus kantor pemerintahan Domain Hirosaki.

Nama lain istana ini adalah Istana Takaoka. Istana Hirosaki masih menyisakan menara utama dan menara pengawas yang dibangun pada zaman Edo. Di Istana Hirosaki terdapat lebih dari 2.600 batang pohon sakura, dan terkenal di seluruh Jepang sebagai tempat melakukan hanami.

Istana Heian

Istana Heian atau Daidairi adalah istana kekaisaran di Ibu Kota Jepang Heian-ky? (Kyoto) dari 794 hingga 1227. Istana berada di ujung utara kota, dan dibangun meniru perencanaan Kota Chang’an pada zaman Dinasti Tang dan Dinasti Sui. Istana ini berfungsi sebagai tempat kediaman resmi kaisar dan pusat administrasi Jepang selama zaman Heian (794-1185).

Istana berada di kawasan tertutup yang dikelilingi tembok. Di dalamnya terdapat beberapa gedung upacara dan administrasi, termasuk kantor-kantor kementerian. Istana Dalam yang disebut Dairi dikelilingi tembok terpisah dan merupakan kompleks kediaman Kaisar Jepang. Selain tempat tinggal kaisar, Dairi merupakan tempat kediaman istri-istri kaisar serta gedung-gedung yang dipakai kaisar dalam melaksanakan tugas resmi dan seremonial.

Keempat Istana tet diatas termasuk 12 Istana yang bersejarah di Jepang

Istana di Jepang

Ada sekitar 5000 istana di Jepang, tetapi sekarang hanya ada sekitar 50 yang masih tersisa. Dan di bawah ini daftar istana-istana yang terdaftar di wikipedia. Kalau mau lebih jelasnya tentang istana-istana yang dibahas, tinggal klik aja link di bawah artikel-artikelnya.

1. Gusuku

Gusuku atau suku adalah sebutan dalam bahasa Okinawa untuk kastil atau benteng. Gusuku terdapat di bekas wilayah Kerajaan Ryukyu, termasuk di Kepulauan Amami (Prefektur Kagoshima) dan Kepulauan Yaeyama (Prefektur Okinawa). Fungsi gusuku sebagai istana kediaman resmi aji (penguasa) dan raja-raja Ryukyu sepanjang zaman Sanzan. (Wikipedia)

2. Istana Heian

Istana Heian atau Daidairi adalah istana kekaisaran di ibu kota Jepang Heian-kyō (Kyoto)Istana ini berfungsi sebagai tempat kediaman resmi kaisar dan pusat administrasi Jepang selama zaman Heian (794-1185). Istana berada di kawasan tertutup yang dikelilingi tembok. Di dalamnya terdapat beberapa gedung upacara dan administrasi, termasuk kantor-kantor kementerian. Istana Dalam yang disebut Dairi dikelilingi tembok terpisah, dan merupakan kompleks kediaman Kaisar Jepang. Selain tempat tinggal kaisar, Dairi merupakan tempat kediaman istri-istri kaisar serta gedung-gedung yang dipakai kaisar dalam melaksanakan tugas resmi dan seremonial. (Wikipedia)

3. Istana Himeji

Istana Himeji adalah sebuah istana yang terletak di kota Himeji, Prefektur Hyogo, Jepang. Pesona keindahan plesteran berwarna putih yang mendominasi tembok-tembok istana menjadikan Istana Himeji mempunyai sebutan lain “istana burung kuntul putih”. Istana Himeji merupakan salah satu contoh peninggalan arsitektur istana dari awal abad ke-17 yang paling penting. (Wikipedia)

4. Istana Hirosaki

Istana Hirosaki adalah istana di Kota Hirosaki, Prefektur Aomori, JepangIstana ini dibangun pertama kali pada tahun 1611, dan merupakan istana tempat tinggal klan Tsugaru sekaligus kantor pemerintahan Domain Hirosaki. Nama lain istana ini adalah Istana Takaoka.Di Istana Hirosaki terdapat lebih dari 2.600 batang pohon sakura, dan terkenal di seluruh Jepang sebagai tempat melakukan hanami. (Wikipedia)

5. Istana Hiroshima

Hiroshima Castle atau sering disebut istana ikan Koi adalah istana yang terletak di kota Hiroshima, Prefektur Hiroshima, Jepang.Pertama kali dibangun pada tahun 1589,Bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 menghancurkan seluruh bangunan istana. Istana yang ada sekarang merupakan replika yang dibangun pada tahun 1958 dan berfungsi sebagai museum sejarah Hiroshima periode sebelum Perang Dunia II.Menara utama yang berwarna hitam seperti warna ikan koi atau parit di sekeliling istana yang banyak terdapat ikan koi menjadi alasan Istana Hiroshima dikenal sebagai istana ikan koi. (Wikipedia)

6. Istana Kumamoto

Istana Kumamoto adalah istana di Kumamoto, Prefektur Kumamoto, Jepang, yang dibuka untuk umum. (Wikipedia)

7. Istana Matsue

Istana Matsue adalah istana feodal di Matsue, prefektur Shimane, Jepang. Dijuluki “istana hitam”, istana ini adalah salah satu dari sedikit istana abad pertengahan di Jepang tetap dalam bentuk kayu awalnya, dan bukan merupakan rekonstruksi modern. (Wikipedia)

8. Istana Matsumoto

Istana Matsumoto adalah istana yang terletak di kota Matsumoto, Prefektur Nagano, Jepang. Kasitl ini dapat dijangkau dari Tokyo melalui jalan dan kereta api. (Wikipedia)

9. Istana Nagoya

Istana Nagoya adalah istana yang terletak di kota Nagoya, Prefektur Aichi, Jepang.Istana Nagoya disebut-sebut sebagai salah satu dari 3 istana terbaik di Jepang yang pernah dibangun Kato Kiyomasa dan Tōdō Takatora. Dua istana lainnya adalah Istana Osaka dan Istana Kumamoto. Di atas atap menara utama terdapat dua ekor shachi (ikan legenda berkepala harimau) dari emas murni, sehingga Istana Nagoya terkenal sebagai Istana Shachi Emas atau Istana Emas. Ikan shachi dari emas juga merupakan lambang kota Nagoya. (Wikipedia)

10. Istana Jepang

Istana Jepang adalah bangunan besar yang dibangun menggunakan kayu dan batu sebagai bahan bangunan yang utama, dan dirancang sebagai pusat pertahanan sewaktu musuh datang menyerang. Di masa perang dijadikan markas besar, tempat menyimpan dana keperluan perang, serta pusat penyimpanan perbekalan seperti makanan dan amunisi. Istana yang dianggap penting dijadikan tempat kediaman panglima perang, pusat pemerintahan dan tempat pengumpulan informasi tentang situasi perang. Sama halnya seperti kastil di Eropa, istana di Jepang umumnya dibangun di dekat jalan utama atau di pinggir sungai untuk kemudahan transportasi dan menjaga wilayah yang dianggap strategis. (Wikipedia)

11. Istana Osaka

Istana Osaka (大阪城, Ōsaka-jō?) adalah istana yang terletak di dalam Taman Istana Osaka, distrik Chuo-ku, kota Osaka, Jepang.Istana Osaka merupakan bangunan peninggalan budaya yang dilindungi oleh pemerintah Jepang. Menara utama Istana Osaka yang menjulang tinggi merupakan simbol kota Osaka.Istana Osaka dimanfaatkan sebagai istana sekaligus benteng sejak zaman Azuchi Momoyama hingga zaman Edo. (Wikipedia)

12. Istana Shuri

Istana Shuri (bahasa Okinawa: /suigusiku/[1], bahasa Jepang: 首里城 Shurijō) adalah istana bekas milik Kerajaan Ryukyu di Shuri, Okinawa, Jepang. Istana ini termasuk salah satu gusuku yang ada di Kepulauan Ryukyu. Dalam Pertempuran Okinawa 1945, Istana Shuri seluruhnya hancur akibat serangan Sekutu. Hanya beberapa tembok setinggi beberapa puluh sentimeter yang tersisa seusai perang. Pada tahun 1992, istana ini dibangun kembali di lokasi semula berdasarkan foto dan catatan sejarah. (Wikipedia)

Dan taukah kamu? Ternyata, Istana Matsumoto termasuk ke dalam 15 Benteng dan Istana Menakjubkan di Dunia! Ini beritanya

okinawa_gusuku_arch istana heian istana himeji OLYMPUS DIGITAL CAMERA istana hiroshima istana jepang istana kumamoto istana matsue istana matsumoto istana nagoya istana osaka1 istana shuri

About these ads
This entry was posted in Jalan jalan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s