Kota Lofoten, Norwegia

Pemandangan Menakjubkan di Kota Lofoten, Norwegia

Kepulauan Lofoten terletak di Norwegia bagian utara Lingkaran Arktik.
Lofoten dikenal di Norwegia karena keindahan alamnya yang luar biasa tetapi reputasinya tampaknya belum mendunia. Terletak di 68-69 derajat LU Lingkaran Arktik dan terkena dampak dari anomali temperatur Artic, Lafoten tentu saja sudah memenuhi syarat untuk menjadi salah satu tempat dengan pemandangan alam yang luar biasa indah di planet ini. Belum lagi dengan suasana yang memberikan ketenangan bagi para pengunjungnya.
Hal itu membuat Lafoten menjadi sebuah kota yang disebut dengan “An Arctic Paradise”
Kita dapat menemukan banyak laut-laut dalam dengan gugus terumbu karang air terbesar di dunia.

Ada jutaan burung laut dengan banyak spesies seperti elang laut, cormorant dan Puffin. Juga terdapat spesies berang-berang dan rusa.

 

 

Para penduduk di sekitar memberikan nama untuk salah satu pulau yang dikenal sebagai Vestvågøya dan pulau lain, Flakstadøya, yang berarti kaki serigala karena pulau tersebut emang berbentuk seperti jejak kaki serigala. Sekarang, seluruh wilayah kepulauan ini dikenal sebagai Lofoten dan termasuk daerah kabupaten di Norwegia Nordland.
 

 

 
Karena iklimnya yang unik, Lafoten pun menjadi pusat perikanan Cod terbesar selama lebih dari ribuan tahun yang lalu.
Ikan Cod bermigrasi ke selatan dari Laut Barents berkumpul di Lofoten untuk bertelur dan industri perikanan di sama telah lama memanfaatkan kondisi itu. Selama berabad-abad Norwegia adalah tempat dari mana sejumlah besar cod diekspor ke sebagian besar Eropa Utara.
 

 

Bahkan garis dari pulau-pulau ini terdiri dari tembok-tembok alam dengan tinggi sekitar 1100 meter. Gunung dan tebing-tebing di sisi utara Vestfjord melindungi daerah tersebut. Namun apa yang sebenarnya menciptakan anomali lingkaran Artik ? Jawabannya adalah Teluk Streams bersama dengan Current Norwegia dan Atlantik Utara. Melihat sungai yang mengalir lembut saja sudah cukup untuk membuat kita bertanya-tanya apakah kita memang sedang berada di dalam Arktik Circle.
Lofoten juga terkenal dengan hamparan pantai berpasir yang indah. Namun ada bahaya yang siap menghantui. Pasang Malstrøm dikenal sebagai pusaran pasang surut di Lofoten barat. Namun umumnya pantai di Lafoten aman.

Kepulauan Lofoten adalah tempat yang paling utara di dunia dimana suhu rata-rata di atas nol sepanjang tahun. Di bulan Januari suhu rata-rata -1,5 C dan pada bulan-bulan musim panas memiliki rata-rata 13 C selama 24 jam sepanjang hari. Suhu terpanas yang pernah tercatat adalah 30,4C.

 

 

Ada 3 bandara lokal yg masing-masing hanya melayani lebih dari 100 orang saja setiap harinya. Cukup mengherankan untuk sebuah Kepulauan dengan keindahan yang luar biasa .

Tapi UNESCO telah lama menobatkan Lofoten sebagai sebuah Situs Warisan Dunia

 

 

 
(Sumber : http://www.tongberisi.net)
About these ads
This entry was posted in Jalan jalan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s